Tips Menulis

Menulis bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang sulit untuk dilakukan. Seolah banyak pemikiran yang mengatakan tulisanku jelek, aku gak bisa rangkai kata, aku gak pintar. Secara sederhana menulis tidak ada kaitannya dengan kepintaran melainkan dengan mau atau tidaknya kita menulis. Menulis yang saya maksud disini ialah mencurahkan buah pikir kedalam bentuk yang dapat dibaca. Saya tidak membahas mengenai tulisan tangan jelek atau bagus.

Banyak orang cenderung menganggap bahwa orang yang menulis itu pintar. Bagi saya ini menjadi sedikit kekeliruan. Menulis sejatinya kegiatan secara langsung yang melibatkan kemampuan berfikir dan menumpahkan fikiran kita pada sebuah media yang bisa dibaca.

Sejatinya semua orang bisa menulis, karena semua orang bisa berfikir. Mungkin kita pernah mendapat tugas mengarang pada pelajaran Bahasa Indonesia di bangku SD. Kalimat pertama sebagai pembuka karangan ialah “pada suatu hari”. Ini membuktikan kita mampu menumpahkan hasil buah fikir kita dalam secarik kertas.

Sampai disini mungkin anda tersenyum dan mengatakan “oh iya”.

“Dear Diary”, beranjak bangku SMP sebagian orang mulai mengasah kemampuan menulisnya secara tidak langsung pada buku harian. Hal ini dilakukan hingga ia SMA. Kemudian puisi cinta, bahagia, dan amarah mulai terlahir dan tertulis dikertas.

Oke, kita kembali ke pembahasan. Menulis itu sebenarnya mudah, yang dibutuhkan hanyalah kemampuan menjelaskan sebuah hal yang singkat menjadi kalimat yang panjang serta detail.

Bagi anda yang tidak bisa menulis saya sarankan anda memulai dari sebuah karangan.

Cara berikutnya ialah anda mulai menulis dan menceritakan kegiatan dari bangun tidur hingga anda tertidur kembali. Dan kegiatan ini secara tidak langsung melatih daya ingat anda. Ceritakan secara lengkap apa yang anda alami, anda lihat, anda rasakan.

Langkah berikutnya ialah buatlah sebuah puisi. Tidak perlu menggunakan bahasa sastra atau bahasa kiasan. Langsung saja dengan bahasa yang ada di pikiran anda.

Usahakan anda berlatih menulis setiap hari dengan topik apapun, dan yang paling utama adalah membaca. Terus tambah perbendaharaan kata.

Leave a comment